Minggu, 30 Oktober 2011

Bermain sambil belajar dengan origami


Origami adalah ketrampilan melipat kertas yang berasal dari negeri sakura Jepang. Negeri yang menyebut dirinya sebagai saudara tua kita bangsa Indonesia. Origami adalah permainan dengan menggunakan kertas untuk membentuk berbagai macam miniature benda dan bahkan binatang.

Belajar origami sangat menyenangkan. Saat ini dibeberapa sekolah taman kanak-kanak dan play group banyak yang mulai mengajarkan murid-muridnya tentang permainan ini. Dengan permainan ini mereka bisa bermain sambil belajar. Mereka bisa bermain dengan menggunakan kertas-kertas bekas yang ada disekitar mereka untuk belajar membuat berbagai macam miniatur binatang, seperti angsa belalang dan lain-lain. Dengan permainan ini mereka secara tidak langsung diajarkan untuk menjaga lingkungan dengan mendaur ulang kertas-kertas bekas menjadi sesuatu yang indah, unik dan enak untuk dilihat.


Permainan yang mendidik ini juga bisa anda ajarkan kepada anak-anak anda yang sudah berusia sekitar 3 tahun. Anak yang usia itu biasanya akan senang dengan sesuatu yang baru. Sesuatu yang unik, mudah dilakukan dimanapun dan kapanpun. Sambil ngobrol, dalam perjalanan dan mungkin saat menemani anak anda makan.

Permainan ini selain mendidik anak dan mengajarkan anak untuk bisa memanfaatkan sampah menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat, juga bisa meningkatkan perkembangan kecerdasan anak. Anak bisa menjadi lebih teliti, lebih sabar dan yang pasti bisa menjadi lebih kreatif. Karena jika mereka telah berhasil membuat sesuatu pasti mereka akan penasaran untuk membuat sesuatu yang lain. Dan hal ini akan mengasah daya kreatifitas mereka. Mereka akan semakin kreatif untuk menciptakan sesuatu yang baru. 

Hal ini akan sangat bagus bagi perkembangan otak anak-anak, karena otak mereka akan tetap dan secara teratur belajar mengenai sesuatu. Membiasakan otak anak kita tetap belajar mengenai sesuatu akan membuat anak kita menjadi anak yang lebih cerdas, lebih cepat tanggap, lebih peka dan lebih mudah untuk belajar mengenai sesuatu yang baru.

Bermain sambil belajar juga bisa anda lakukan saat anda sedang melakukan perjalanan bersama dengan buah hati anda. Misalnya saat dijalan terlihat billboard anda bisa mengajarkan mereka mengenal huruf-huruf yang ada disana dan gambar apa yang ada disana. Jadi selain perjalanan anda menyenangkan anda juga tetap bisa membuat putra-putri anda belajar sesuatu.

0 komentar:

Posting Komentar

Thanks for Your Comment